ilmu roso sejati

assalamualaikum sobat dumay ku,yuk nyimak tulisan di bawah ini bersama-sama

”Kowe podo kewalik panemumu, angiro dunyo iki alame wong urip, akherat kui alame wong mati,; mulane kowe podo khantil-khumanthil marang kahanan ing dunyo”.
( tembang syech siti jenar ) 
artinya
terbalik pendapatmu, mengira dunia ini alamnya orang hidup, akherat itu alamnya orang mati, makanya kamu sangat lekat dengan kehidupan dunia, dan tidak mau meninggalkan alam dunia.

pertanyaan yang muncul dari benak kita dari tembang syekh siti jenar adalah?
Kalau dunia ini bukan alamnya orang hidup, lalu alamnya sopo? 
Niki jawabne mas… * 
”sanyatane, dunyo iki alame wong mati, iyo ing kene anane suwargo lan neroko, tegese!!! Bungah lan susah sa’wise kito ninggal dunyo iki, kito bali urip langgeng, ora ana bedane antara ratu karo kere, wali karo bajingan”
artine
kenyataan, dunia ini alamnya orang mati, iya di dunia ini adanya surga dan neraka, artinya senang dan susah setelah kita meninggalkan dunia ini, kita kembali hidup langgeng, tidak ada bedanya dengan yang berpangkat, ratu dan orang miskin, wali ataupun bajingan.

Winarahipun ngaten niki kang mas,,, bahwa hidup di dunia ini yang serba berubah seperti roda kadang di atas kadang di bawah, besok mendapat kesenangan lusa memperoleh kesusahan, dan itu bukanlah hidup sejati ataupun langgeng. .. 

Wejangan poro leluhur. “urip sing sejati yo niku urip sing tan keno pati” (hidup yang sejati itu adalah hidup yang tidak bisaterkena kematian)

ajaran para leluhur juga menjelaskan::
” tangeh lamun siro biso mgerti sampurnaning pati, yen siro ora ngerti sampurnaning urip”(mustahil kamu bisa mengerti kematian sempurna, jika kamu tidak mengerti hidup yang sempurna)… 

Oleh karena itu, kita wajib ,menimba ilmu agar hidup kita menjadi sempurna dan mampu meninggalkan alam dunia ini menuju ke kematian yang sempurna pula. 

ngelmu apakah itu?  Ilmu roso sukma sejati.

MENGENAL ALLAH SECARA KAFFAH. 

Rasakan dan nikmatilah NUR yang telah mengalir dan menyusup dalam setiap aliran darah dan urat syarafmu. Hayati dan renungkanlah Nur tersebut menguasai dan mengendalikan ragamu, sehingga Nur akan mengisi setiap kekosongan jiwamu yang gersang, membasahi harapanmu yang kering, dan menghadirkan Kebaikan dalam setiap laku dan budimu. Dialah Rumah Allah yang sejati QOLBU SALLIM

FILOSOFI SANGKAN PARANING DUMADI????

 
 
ketahuilah sejatina hidup, hidup di dalam alam dunia, ibarat perumpamaan mampir minum, ibarat burung terbang, pergi dari kurunganya, dimana hinggapnya besok, jangan sampai keliru, umpama orang pergi bertandang, saling bertandang,yang pasti bakal pulang, pulang ke asal mulanya. Kemana? Tanyalah kepada hatimu, niscaya akan terjawab kebenaranya. 
 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s